Template information

Home » , » Kajian Kitab Nukhbatul Fikar : Pengantar Ilmu Mustholah Hadits

Kajian Kitab Nukhbatul Fikar : Pengantar Ilmu Mustholah Hadits

الحمد لله الذي لم يزل عليماً قديراً وصلى الله على سيدنا محمد الذي أرسله إلى الناس كافةً بشيراً ونذيراً، وعلى آل محمد وصحبه وسلم تسليماً كثيراً
أما بعد:
فإن التصانيف في اصطلاح أهل الحديث قد كثرت، وبسطت واختصرت، فسألني بعض الإخوان أن ألخص له المهم من ذلك، فأجبته إلى سؤاله رجاء الاندراج في تلك المسالك

Terjemahan
Segala puji bagi Allah yang senantiasa bersifat Maha Mengetahui dan Maha Berkuasa. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Muhammad shollallohu 'alaihi wa salam, yang diutus kepada segenap umat manusia untuk memberi peringatan dan kabar kembira bagi mereka. Dan juga kepada keluarga beliau, para sahabat, semoga Allah melimpahkan keselamatan kepada mereka.

Amma ba'du, telah banyak ditulis karangan-karangan yang membahas ilmu Mushthalah Ahli Hadits, ada yang berupa penjelasan luas dan ada pula yang berupa ringkasan. Sebagian rekan memintaku untuk merangkum poin-poin penting dari ilmu tersebut. Akupun memenuhi permintaan mereka dengan harapan agar mereka dapat mempelajarinya secara bertahap.

Penjelasan
1. Pengenalan Ilmu mustholah hadts;

- Ilmu mustholah hadits adalah ilmu yang memuat pokok-pokok dan kaedah-kaedah yang digunakan untuk mengetahui keadaan-keadaan sanad dan matan hadits dari sudut pandang diterima dan tidaknya hadits tersebut.

- Sasaran ilmu mustholah hadits adalah sanad dan matan hadits ditinjau dari sudut pandang diterima atau tidaknya hadits tersebut.

- Hasil dari kajian ilmu mustholah hadits adalah mampu membedakan antara hadits yang shohih (sehat/waras) dan saqim (sakit).

2. Kitab-kitab induk yang masyhur dalam kajian ilmu mustholah hadits adalah sebagai berikut :

- Al-Muhaddits Al-Fadhil Bainar Rowi Wal-Wa’i
Kitab ini ditulis oleh Al-Qodhi Abu Muhammad Al-Hasan bin Abdurrohman bin Khollad Ar-Romahurmuzi, (Romahurmuz adalah salah satu daerah dikawasan Ahwaz, Ibu kota provinsi Khuzestan, salah satu provinsi dinegara Iran). beliau wafat pada tahun 360 H. Kitab yang beliau tulis tidak mencakup semua kajian ilmu mustholaf hadits, namun hal ini dapat dimaklumi karena kitab ini adalah kitab pertama yang ditulis dalam kajian ilmu mustholah hadits.

-  Ma’rifatu Ulumil Hadits
Kitab ini ditulis oleh Imam Abu Abdillah Muhammad bin Abdulloh Al-Hakim An-Naisaburi, beliau wafat pada tahun 405 H. Karena kitab ini juga merupakan kitab rintisan ilmu hadits, jadi kajiannya belum disusun secara rapi agar mudah dipahami.

- Al-Mustakhroj Ala Ma’rifati Ulumil Hadits
Kitab ini ditulis oleh Imam Abu Nu’aim Ahmad bin Abdulloh Al-Ashbihani, beliau wafat pada tahun 430 H. (Abu Nu’aim adalah penulis kitab yang terekanal “Hilyatul Auliya’). Kitab ini ditulis untuk melengkapi kajian yang ilmu mustholah hadits yang ditulis oleh Imam Hakim yang ditulis sebelumnya, hanya saja kitab ini sendiri juga masih menyisakan beberapa kajian ilmu hadis yang juga masih perlu dilengkapi oleh generasi selanjutnya.

- Al-Kifayah Fi Ilmi Ar-Riwayah
Kitab ini ditulis oleh Imam Abu Bakar bin Ali bin Tsabit Al-Khotib Al-Baghdadi, yang biasa disebut “Khotib Al-Baghdadi”, beliau wafat pada tahun 463. Inilah kitab pertama yang mengkaji ilmu mustholah hadits dengan penjelasan secara rapid an rinci mengenai masalah-masalah dalam ilmu mustholah hadits dan juga menjelasan kaedah-kaedah dalam meriwayatkan hadits. Karena itulah kitab ini dianggap sebagai salah satu acuan utama dalam fan ilmu mustholah hadits.

- Al-Jami’ Li Akhlaqi Ar-Rowi Wa Adabi As-Sami’
Kitab ini juga ditulis oleh Imam Khotib Al-Baghdadi, yang menjelaskan tentang adab-adab meriwayatkan sebuah hadits dan merupakan satu-satunya kitab yang ditulis mengenai pembahasan ini. Imam Khotib Al-Baghdadi memang diakui sebagai pemuka dalam kajian ilmu hadits, hampir dalam setiap fan ilmu hadits beliau ikut ambil dengan menulis kitab dalam kajian tersebut. Karena itulah Al-Hafidh Abu Bakar bin Naqthoh pernah mengatakan; “Semua orang yang bisa bersikap moderat pasti akan mengakui bahwa semua ulama’ ahli hadits setelah masa Imam Khotib memiliki hubungan kekeluargaan (mengambil faedah) pada kitab-kitab beliau”. 

- Al-Ilma’ Ila M’rifati ushuli  Ar-Riwayah Wa Taqyidi  As-Sima’
Kitab ini ditulis oleh Qodhi Iyadh bin Musa Al-Bahshubi, beliau wafat pada tahun 544 H. Kitab yang beliau tulis tidak mencakupsemua kajian ilmu mustholah hadits tapi hanya terbatas dalam pembahasan mengenai tata cara memperoleh (tahamul) dan menyampaikan (ada’) hadits dan hal-hal yang terkaitan dengan pembahasan tersebut, meski begitu kitab ini merupakan kitab yang sangat baik dalam kajian tersebut dan disusun dengan uraian yang rapi.

- Ma La Yasa’u Al-Muhaddits Jahluhu
Kitab ini ditulis oleh Abu Hafsh Umar bin Abdul Majid Al-Mayanaji Al-Mayanisyi (Mayanis adalah salah satu desa yang berada dibenua Afrika), beliau wafat pada tahun 580. Kitab ini hanya merupakan kitab tipis yang berisikajian ilmu hadits.

- Ulumul Hadits / Muqoddimah Ibnus Sholah
Kitab ini ditulis oleh Imam Abu Amr Utsman bin Abdurrohman Asy-Syahrozuri, yang lebih dikenal dengab nama Ibnus Sholah, beliau wafat pada tahun 653 H kitab ini lebih dikenal dengan nama “Muqoddimah Ibnus Sholah”. Kitab ini merupakan salah satu kitab mustholah terbaik yang pernah ditulis, beliau menyusun kitab ini berdasarkanketerangan-keterangan yang ditulis dalam kitab Imam Khotib Al-Baghdadi dan para pendahulunya, sayangnya kitab ini kurang tersusun secara rapi, hal ini dapat dimaklumi karena memang kitab ini beliau tulis sebagai materi pelajaran sewaktu beliau mengajar hadits di madrasah Al-Asyrofiyah, yang beliau ajarkan sedikit demi sedikit. Meski begitu kitab ini merupakan kitab pegangan utama (umdah) dalam fan ilmu mustholah hadits, hal ini terbukti dengan banyaknya kitab-kitab yang ditulis untuk mengkaji kitab ini,baik berupa kitab ringkasan (mukhtashor) dibuat berbentuk nadhom dan lain sebagainya.

- At-Taqrib Wat-Taisir Li Ma’rifati Sunanil Basyir An-Nadhir
Kitab ini ditulis oleh Imam Muhyiddin, Yahya bin Syarof An-nawawi, yang lebih dikenal dengan nama Imam Nawawi, beliau wafat pada tahun 676 H. Kitab ini adalah ringkasan dari kitab Muqoddimah Ibnus Sholah.

- Tadribur Rowi Fi Syarhi Taqrib An-Nawawi
Kitab ini ditulis oleh Imam jalaluddin Abdurrohman bin Abu Bakar As-Suyuti, yang lebih dikenal dengan nama Imam Suyuthi, beliau wafat pada tahun 911 H. Kitab ini merupakan syarah (penjelasan) kitab Taqrib yang ditulis oleh Imam Nawawi.

- At-Tabshiroh Wat-Tadzkiroh Fi Ulumil Hadits / Alfiyah Al-Iroqi
Kitab ini ditulis oleh Imam Al-Hafidh Zainuddin Abdurrohim bin Al-Husain Al-Iroqi, yang lebih dikenal dengan sebutan All-Hafidh Al-Iroqi, beliau wafat pada tahun 807 H. Kitab mushtholah hadits yang memuat 1000 nadhom (tepatnya 1002 nadhom) dalam kajian ilmu mustholah hadits, karena itu kitab ini lebih dikenal dengan nama “Alfiyah Al-Iroqi” artinya kitab yang berisi 1000 nadhom yang ditulis Imam Al-Iroqi. .

- Fathul Mughits Fi Syarhi Alfiyatil Hadits
Kitab ini ditulis oleh Imam Muhammad bin Abdurrohman As-Sakhowi, yang biasa disebut Imam Sakhowi, beliau wafat pada tahun 902 H. Kitab ini merupakan syarah terbaik yang menjelaskan kitab Alfiyah Al-Iroqi

- Nukhbatul Fikar Fi Mushtholahi Ahlil Atsar
Kitab ini ditulis oleh Imam Al-hafidh Ibnu Hajar Al-Asqolani, beliau wafat pada tahun 852 H. Kitab ini adalah kitab tipis yang ditulis dalam ilmu mustholah hadits, tapi kitab ini diakui sebagai kitab mukhtashor 9kitab ringkas) yang paling bermanfaat dan paling baik susunannya, sebelumnya belum ada kitab mustholah hadits yang ditulis dengan susunan dan pembagian kajian-kajian ilmu mustholah hadits seperti yang dibuat oleh Imam Ibnu Hajar, beliau juga menulis kitab syarah (penjelasan) kitab ini yang diberi judul “Nuzhatun Nadhor Fi Taudhihi Nukhbatil Fikar”. Kitab inilahyang insya Alloh akan kita kaji.

- Nadhom Ad-Duror Fi Ilmil Atsar / Alfiyah As-Suyuthi
Kitab ini ditulis oleh Imam Suyuti, beliau menulis kitab kajian ilmu mustholah haditsnya dalam bentuk nadhom yang berjumlah 1000 nadhom (lebih tepatnya 994 nadhom), karena itulah kitab ini dikenal dengan nama “Alfiyah As-Suyuthi”.

- Nadhom Al-Baiquniyah
Kitab ini ditulis oleh Syaikh Umar bin Muhammad Al-Baiquni, beliau wafat pada tahun 1080 H. Kitab ini merupakan kitab kajian mustholah hadits yang ringkas dan hanya memuat 34 nadhom, meski begitu kitab ini merupakan salah satu kitab yang menjadi rujukan dalam mustholah hadits terutapa bagi para pemula.

Selain dari kitab-kitab yang telah disebutkan diatas masih terdapat banyak kitab-kitab kajian tentangilmu mustholah hadits, namun disini hanya disebutkan kitab-kitab yang masyhur dikalangan para pelajar ilmu mustholah hadits.

Referensi
1. Nuzhatun Nadhor, Hal : 29 - 34
2. Taisir Mustholah Hadits, Hal : 11 - 14


Kajian kitab : Nukhbatul Fikar Fi Mushtholahi Ahlil Atsar
Karya : Imam Al-Hafidh Ibnu Hajar Al-Asqolani

0 komentar:

Posting Komentar