Template information

Home » , , , » Hukum adzan kedua pada shalat jum’at - Lembaga Fatwa Mesir

Hukum adzan kedua pada shalat jum’at - Lembaga Fatwa Mesir



Adzan Kedua Pada Shalat Jum'at

Tanggal Jawaban : 01/11/2007
Nomor Urut : 1788

Memperhatikan permintaan fatwa No. 1760 tahun 2007, yang berisi:     Apa hukum adzan kedua ketika shalat Jum'at?

Jawaban : Mufti Agung Prof. Dr. Ali Jum'ah Muhammad

Allah mensyariatkan adzan sebagai sarana untuk memberitahu orang-orang tentang masuknya waktu shalat dan untuk mengingatkan mereka agar melakukannya. Adapun iqamat disyariatkan agar mereka langsung bangkit untuk melaksanakan shalat. Untuk setiap kali shalat wajib, disyariatkan satu kali adzan.

Adzan pertama kali disyariatkan pada tahun pertama hijrah. Hal itu seperti dipaparkan dalam hadits tentang mimpi Abdullah bin Zaid radhiyallahu ‘anhu dan Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu  yang diriwayatkan oleh Tirmidzi serta dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban.  Sejak masa Nabi saw. sampai masa Abu Bakar r.a. dan Umar radhiyallahu ‘anhu , pada setiap satu shalat wajib hanya terdapat satu adzan dan satu iqamat, begitu pula pada shalat Jum'at. Lalu pada masa Utsman radhiyallahu ‘anhu, dia menambahkan azan kedua karena adanya keperluan disebabkan jumlah masyarakat semakin banyak. Dari sini dipahami bahwa adzan adalah perkara yang disyariatkan, dan tidak ada halangan untuk menambah adzan lain jika diperlukan. Itu pulalah yang dipahami oleh Bilal radhiyallahu ‘anhu ketika dia melakukan shalat sunnah wudhu padahal hal itu tidak pernah diperintahkan dengan dalil khusus. Kisah penambahan adzan kedua oleh Utsman radhiyallahu ‘anhu tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab Shahih-nya. Diriwayatkan oleh as-Saib bin Yazid radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, "Pada masa Nabi saw., Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu dan Umar radhiyallahu ‘anhu, panggilan pertama (adzan) untuk shalat Jum'at dilakukan ketika khatib telah duduk di mimbar. Ketika masa Utsman radhiyallahu ‘anhu, dan masyarakat telah menjadi ramai, dia menambah panggilan ketiga (azan pertama) yang dikumandang di Zawra`." Adzan pertama dalam riwayat ini dinamakan panggilan ketiga, karena perawi menamakan iqamat dengan istilah adzan.

Apa yang dilakukan oleh Utsman bukanlah suatu perbuatan yang menyimpang, karena hal itu disetujui oleh para sahabat lainnya. Bahkan, hal itu tetap dilakukan pada masa setelahnya, yaitu sejak zaman Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu sampai hari ini.

Imam Bukhari kembali meriwayatkan atsar di atas dari jalur lain. Dalam redaksi itu disebutkan, "Dari Zuhri, dia berkata;

عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: سَمِعْتُ السَّائِبَ بْنَ يَزِيدَ، يَقُولُ: «إِنَّ الأَذَانَ يَوْمَ الجُمُعَةِ كَانَ أَوَّلُهُ حِينَ يَجْلِسُ الإِمَامُ، يَوْمَ الجُمُعَةِ عَلَى المِنْبَرِ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، فَلَمَّا كَانَ فِي خِلاَفَةِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، وَكَثُرُوا، أَمَرَ عُثْمَانُ يَوْمَ الجُمُعَةِ بِالأَذَانِ الثَّالِثِ، فَأُذِّنَ بِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ، فَثَبَتَ الأَمْرُ عَلَى ذَلِكَ

"Saya mendengar as-Saib bin Yazid radhiyallahu ‘anhu berkata, "Pada masa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Abu Bakar dan Umar, adzan pertama untuk shalat Jum'at dilakukan ketika imam (khatib) telah duduk di atas mimbar. Ketika masa Khalifah Utsman, dan umat Islam semakin banyak, dia menambah panggilan azan ketiga yang dikumandang di Zawra`. Lalu hal itu terus dilakukan."

Ibnu Hajar al-Asqalani, dalam Fathul Bârî berkata, "Secara eksplisit, ketika itu semua orang di seluruh wilayah negara Islam mengambil pendapat Utsman, karena dia adalah seorang khalifah yang ditaati." Ibnu Hajar juga mengatakan, "Segala sesuatu yang tidak ada pada zaman Rasulullah saw. adalah perbuatan bid'ah, tapi ada yang bid'ah hasanah dan ada yang tidak demikian. Dari kisah yang diriwayatkan dalam atsar di atas, nampak jelas bahwa Utsman melakukan perbuatan yang baru itu (bid'ah) guna memberitahu masyarakat tentang masuknya waktu shalat. Hal ini diqiyaskan dengan azan untuk shalat-shalat lainnya, sehingga shalat Jum'at dimasukkan ke dalamnya. Lalu dia tetap mempertahankan kekhasan shalat Jum'at itu dengan azan yang dilakukan ketika khatib telah menaiki mimbar. Dalam kasus ini terdapat penyimpulan sebuah makna dari sebuah dalil tanpa membatalkan dalil tersebut."

Dari penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa azan kedua adalah sunah yang dilakukan oleh Utsman radhiyallahu ‘anhu dimana Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda;

مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِي فَسَيَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيْرًا، فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّيْنَ الرَّاشِدِيْنَ

"Barang siapa dari kalian yang masih hidup setelahku akan melihat banyak perselisihan. Maka hendaklah kalian berpegang pada Sunnahku dan Sunnah para khalifah yang mendapat petunjuk." (HR. Ibnu Hibban dan Hakim).

Utsman radhiyallahu ‘anhu adalah salah satu dari para khalifah yang mendapat petunjuk itu (al-khulafâ` al-mahdiyyîn ar-râsyidîn). Dan dari zaman para sahabat sampai hari ini, telah tercapai ijmak amali (bersifat perbuatan) atas penerimaan azan yang kedua. Sehingga, barang siapa yang menyalahkan azan kedua itu, berarti dia telah menyalahkan ijmak dan syiar-syiar Islam yang diridhai oleh para ulama sepanjang sejarah. Orang yang menganggap azan kedua sebagai bid'ah maka dia telah menyimpang dari hadits yang diriwayatkan secara mutawatir dari Rasulullah saw. bahwa umat ini tidak akan bersepakat dalam kesesatan.

Wallahu subhânahu wa ta'âlâ a'lam.

الأذان الثاني للجمعة

تاريخ الإجابة : 01/11/2007
الرقـم المسلسل : 1788

اطلعنا على الطلب المقيد برقم 1760 لسنة 2007 م المتضمن: ما حكم الأذان الثاني يوم الجمعة؟

الـجـــواب : فضيلة الأستاذ الدكتور علي جمعة محمد

شرع الله الأذان لإعلام الناس بدخول وقت الصلاة، وتنبيههم للإقدام عليها، وشرعت الإقامة لاستنهاض الناس لأداء الصلاة، وشُرِعَ أذانٌ واحدٌ لكل فريضة، وكان زمن التشريع للأذان بعد الهجرة في السنة الأولى، كما ثبت في حديث رؤيا عبد الله بن زيد وعمر بن الخطاب -رضي الله عنهما-، رواه الترمذي وصححه ابن خزيمة وابن حبان، وكان لكل فريضة أذان واحد وإقامة، وكانت الجمعة كسائر الفرائض في عهد النبي -صلى الله عليه وآله وسلم- وصاحبيه أبي بكر وعمر -رضي الله عنهما-، وزاد عثمان -رضي الله عنه- الأذان الثاني يوم الجمعة للحاجة إليه، وهي كثرة الناس، فعُلِمَ أن الأذان مشروع بأصله، وليس هناك مانع من زيادة أذان مشروع في وقت يحتاج الناس إليه، كما فهم بلال -رضي الله عنه- ذلك عندما صلى سنة الوضوء مع كونها لم تكن مشروعةً بخصوصها، وأورد الإمام البخاري زيادة عثمان -رضي الله عنه- للأذان الثاني، فعن السائب بن يزيد -رضي الله عنه- قال: "كَانَ النِّدَاءُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوَّلُهُ إِذَا جَلَسَ الإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ -صلى الله عليه وسلم- وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ -رضي الله عنهما- فَلَمَّا كَانَ عُثْمَانُ -رضي الله عنه- وَكَثُرَ النَّاسُ زَادَ النِّدَاءَ الثَّالِثَ عَلَى الزَّوْرَاءِ"، وسماه البخاري الثالث؛ لأنه يُسمِّي الإقامة أذانًا

وما فعله عثمان -رضي الله عنه- لم يشذ به عن باقي الأمة؛ فقد أقره الصحابة في عهده، وثبت الأمر على ذلك بعده في عهد علي بن أبي طالب -رضي الله عنه- إلى يومنا هذا، ولقد روى البخاري نفس الحديث برواية أخرى زاد فيها: "عن الزهري قال: سمعت السائب بن يزيد -رضي الله عنه- يقول: "إِنَّ الأَذَانَ يَوْمَ الجُمُعَةِ كَانَ أَوَّلُهُ حِينَ يَجْلِسُ الإِمَامُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى المِنْبَرِ في عهد رسول الله -صلى الله عليه وآله وسلم- وأبي بكر وعمر -رضي الله عنهما-، فلما كان في خلافة عثمان -رضي الله عنه- وكثروا أمر عثمان يوم الجمعة بالأذان الثالث، فأذن به على الزوراء، فثبت الأمر على ذلك

ويقول ابن حجر العسقلاني في "فتح الباري" 2/ 394: "والذي يظهر أن الناس أخذوا بفعل عثمان في جميع البلاد إذ ذاك؛ لكونه خليفةً مطاعَ الأمر". إلى أن قال: "وكل ما لم يكن في زمنه -صلى الله عليه وآله وسلم- يسمى بدعة، لكن منها ما يكون حسنا، ومنها ما يكون بخلاف ذلك، وتبين بما مضى أن عثمان أحدثه لإعلام الناس بدخول وقت الصلاة؛ قياسًا على بقية الصلوات، فألحق الجمعة بها، وأبقى خصوصيتها بالأذان بين يدي الخطيب، وفيه استنباط معنى من الأصل لا يبطله

ومما سبق نعلم أن الأذان الثاني للجمعة سَنَّهُ سيدنا عثمان -رضي الله عنه-، وقد قال النبي -صلى الله عليه وآله وسلم-: ((مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِي فَسَيَرَى اخْتِلافًا كَثِيرًا؛ فَعَلَيْكُمْ بسنتي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ)). رواه ابن حبان والحاكم، وعثمان -رضي الله عنه- من الخلفاء الراشدين، ولقد قام الإجماع العملي من لدن الصحابة إلى يومنا هذا على قبول الأذان الثاني، فالذي يطعن فيه وينكره فإنه يطعن في إجماعٍ وفي شعائر الإسلام التي ارتضاها العلماء عبر القرون، والذي يدعي أنه بدعة ضلالة يخالف ما تواتر عن النبي -صلى الله عليه وآله وسلم- من أن الله سبحانه لا يجمع أمته على ضلالة. والله سبحانه وتعالى أعلم


Sumber : Situs Lembaga Fawa Mesir / دار الإفتاء المصرية
http://www.dar-alifta.org/ViewFatwa.aspx?ID=1788

0 komentar:

Posting Komentar