Template information

Home » , » Cara mengeluarkan zakat tanaman yang berbeda tempat

Cara mengeluarkan zakat tanaman yang berbeda tempat



Pertanyaan :
Mau tanya, semisal ada orang yang punya sawah di dua tempat yang berbeda, contonya sawah yang satu hasil sekali panennya kurang dari 1 nisob, sedangkan sawah yang B hasil panennya juga kurng dari 1 nisob namun ketiak dikumpulkan keduanya ternyata lebih dari 1 nisob. Pertanyaannya adalah wajibkah orang itu mengeluarkan zakat dari panen tersebut?

( Dari : Arfa Albushiri )


Jawaban :
Hasil panen dari tanaman yang jenisnya sama, apabila panennya masih dalam tahun yang sama, harus dihitung secara keseluruhan dan jika jumlah keseluruhannya mencapai nishob maka wajib dizakati. Keharusan untuk menggabungkan hasil panen ini juga dilakukan apabila seseorang memiliki sawah lebih dari satu tempat, semua hasil panen selama setahun dari sawah-sawah yang dimiliki dijumlah semuanya, lalu jika telah mencapai satu nishob dikeluarkan zakatnya.

Kesimpulannya orang tersebut wajib mengeluarkan zakat dari hasil panen selama satu tahun sawah A dan sawah B apabila telah mencapai satu nishob. Wallohu a’lam.

( Dijawab oleh : Zabid Abd, Ibnu Lail dan Kudung Khantil Harsandi Muhammad )


Referensi :
1.Tuhfatul Muhtaj + Khasyiyah Asy-Syarwani, Juz : 3  Hal : 249
2. Kasyifatus Saja, Hal : 109


Ibarot :
Tuhfatul Muhtaj + Khasyiyah Asy-Syarwani, Juz : 3  Hal : 249

ولا يضم ثمر عام وزرعه إلى) ثمر وزرع عام (آخر) في تكميل النصاب ولو فرض اطلاع ثمر العام الثاني قبل جذاذ الأول إجماعا (ويضم ثمر العام بعضه إلى بعض) ، وإن اختلف إدراكه لاختلاف نوعه أو محله
........................................
[حاشية الشرواني]
قوله: أو محله) أي: حرارة وبرودة كنجد وتهامة إذ تهامة حارة يسرع إدراك ثمرها ونجد باردة نهاية ومغني

Kasyifatus Saja, Hal : 109

ويخرج الزكاة عند اختلاف النوع من كل الأنواع بقسطه إن تيسر، فإن عسر لكثرة الأنواع وقلة مقدار كل منها أخرج الوسط لا أعلاها ولا أدناها وزرعا العام وهو اثنا عشر شهراً تضمان إن وقع حصادهما في عام واحد بأن يكون بين حصاد الأول والثاني أقل من اثني عشر شهراً عربية

0 komentar:

Posting Komentar