Template information

Home » , , , » Hukum Sholat Jenazah Dengan Hanya Satu Kali Salam

Hukum Sholat Jenazah Dengan Hanya Satu Kali Salam



Pertanyaan:
Assalamu alaikum, sholat jenazah di masjis nabawi menggunakan satu kali salam. Pertanyaanya shalat jenazah dengan cara seperti itu mengikuti madzhab syafii atau hanbali?

(Dari: Ali Mustofa)


Jawaban:
Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
Menurut madzhab hanbali hukum salam kedua dalam sholat jenazah juga sunat. Syaikh Mansur bin Yusuf Al-Bahuti, seorang ulama' madzhab hanbali dalam kitab beliau Kasysyaf al-Qona' 'An Matn al-Iqna' menjelaskan, mengerjakan 2 salam ketika sholat hukumnya wajib kecuali dalam sholat jenazah, karena dalam sholat jenazah cukup melakukan salam satu kali (salam kedua tidak wajib), hanya saja salam yang kedua sunat untuk dikerjakan.

Sedangkan menurut madzhab syafi'i, salam kedua pada sholat jenazah hukumnya juga sunat. Syaikh Al-Bajuri dalam kitab Hasyiyah 'Ala Syarh Ibnu Qosim menjelaskan bahwa salam yang dikerjakan dalam sholat jenazah hukumnya sama dengan salam yang dikerjakan pada sholat-sholat lainnya, baik dalam hal tata cara dan bilangannya, maksudnya salam yang pertama hukumnya wajib sedangkan salam yang kedua hukumnya sunat.

Syaikh al-Syirazi dalam kitab al-Muhadzdzab menjelaskan bahwa ketentuan hukum ini didasarkan pada satu riwayat;

عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: " ثَلَاثُ خِلَالٍ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُهُنَّ، تَرَكَهُنَّ النَّاسُ , إِحْدَاهُنَّ: التَّسْلِيمُ عَلَى الْجِنَازَةِ مِثْلُ التَّسْلِيمِ فِي الصَّلَاةِ

"Dari Abdullah, beliau berkata: "Ada tiga perkara yang dikerjakan oleh Nabi namun ditinggalkan oleh banyak orang, salah satunya adalah salam pada sholat jenazah yang dikerjakan sebagaimana salam pada sholat (lainnya)". (Sunan Baihaqi, no.6989)

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sholat jenazah yang dikerjakan dengan satu salam itu bisa saja dilakukan oleh orang yang bermadzhab syafi'i maupun hanbali, sebab sholat jenazah yang dikerjakan dengan satu salam hukumnya sah baik menurut madzhab syafi'i maupun hanbali, karena salam yang kedua hukumnya sunat. Wallahu a'lam.

(Dijawab oleh: Imam Al-Bukhori dan Izal Ya Fahri)

Referensi:
1. Hasyiyah Al-Bajuri Ala Syarah Ibnu Qosim, jilid 1 hal. 485

قوله: (والسلام هنا) أي في صلاة الجنازة. وقوله: (في كيفيته) أي كالتفاته في التسليمة الأولى على يمينه وفي الثانية على يساره. وقوله: (وعدده) أي كونه تسليمتين لكن الأولى واجبة والثانية مندوبة كما في صلاة غير الجنازة

2. Al-Muhadzdzab, jilid 1 hal. 248

فصل: قال في الأم: يكبر في الرابعة ويسلم وقال في البويطي يقول: اللهم لا تحرمنا أجره ولا تفتنا بعده والتسليم كالتسليم في سائر الصلوات لما روي عن عبد الله أنه قال: ثلاث خلال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يفعلهن وتركهن الناس: إحداهن التسليم على الجنازة مثل التسليم في الصلاة

3. Kasysyaf al-Qona', jilid 1 hal. 388-389

و) الثالث عشر (التسليمتان) لقوله - صلى الله عليه وسلم - «وتحليلها التسليم» وقالت عائشة «كان النبي - صلى الله عليه وسلم - يختم صلاته بالتسليم» وثبت ذلك من غير وجه ولأنهما نطق مشروع في أحد طرفيها فكان ركنا كالطرف الآخر (إلا في صلاة جنازة وسجود تلاوة وشكر) فيخرج منها بتسليمة واحدة، ويأتي في محله. (و) إلا في (نافلة فتجزي) تسليمة (واحدة على ما اختاره جمع منهم المجد) عبد السلام بن تيمية قال (في المغني والشرح: لا خلاف أنه يخرج من النفل بتسليمة واحدة قال القاضي الثانية سنة في الجنازة والنافلة رواية واحدة انتهى

0 komentar:

Posting Komentar