Template information

Home » , , » Hukum Kotoran Dibawah Kuku Yang Menjadi Penghalang Ketika Wudhu

Hukum Kotoran Dibawah Kuku Yang Menjadi Penghalang Ketika Wudhu


Pertanyaan:
Assalaamualaikum...
Asatidz, ulama, wa ashaabanaa.. mau tanya, diantara syarat brwudlu ialah harus bersih dari sesuatu yang menghalangi smpainya air, diantaranya adalah tidak boleh ada kotorn dibawah kuku,lalu bagaimana kalau kotoran kukunya sulit dibersihkan, seperti kotoran dibawah kuku jempol kaki, kotorannya menyempil, jadi kalau dibersihkan kaki sakit?

(Dari: Abdul Qodir Jailani)

Jawaban:
Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
Pada dasarnya menghilangkan kotoran-kotoran yang menempal dibawah kuku hukumnya wajib, baik itu kuku tangan ataupun kuku kaki, sebab kotoran yang berada dibawah kuku bisa menghalangi sampainya air kekulit.

Hanya saja jika dirasa sulit untuk menghilangkan kotoran tersebut, seperti masih sisa sedikit-sedikit disela-sela kuku maka ini hukumnya dimaafkan, dalam artian wudhunya dihukumi sah meskipun kotoran yang berada dibawah kuku belum bersih. Bahkan ada pendapat dalam Syafiiyyah bahwasanya kotoran-kotoran yang menempat dikuku ini hukumnya dimaafkan secara mutlak, baik sulit dihilangkan ataupun tidak.

Jadi kesimpulannya kotoran yang ada dibawah kuku apabila memang sulit dihilangkan maka tidak mengapa, dan wudhunya tetap dihukumi sah. wallahu a'lam.

(Dijawab oleh: Kudung Khantil Harsandi Muhammad)

Referensi:
1. Hasyiyah al-Bajuri 'ala Syarh Ibnu Qosim, juz 1 hal.51

ويجب غسل ما علي اليدين من شعر وسلعة وأصبع زائدة وأظافير ويجب ازالة ما تحتها من وسخ يمنع وصول الماء اليه
..........................................
قوله يجب ازالة ما تحتها ) اي تحت الأظافير وقوله من وسخ بيان لما تحتها ويعفي عن القليل في حق من ابتلي به وعندنا قول بالعفو عنه مطلقا

0 komentar:

Posting Komentar