Template information

Home » , , » Hikmah Diwajibkannya Qodho' Puasa Wajib Bagi Orang Haid Tapi Tidak Diwajibkan Qodho' Sholat

Hikmah Diwajibkannya Qodho' Puasa Wajib Bagi Orang Haid Tapi Tidak Diwajibkan Qodho' Sholat

Pertanyaan:
Kenapa seorang perempuan ketika haid sholat fardhunya tidak wajib diqodo', tapi kenapa kalau puasa wajib di qodo', pdahal dua-duanya sama-sama fardhu?

(Dari: Ahmadsyeckherkediri)

Jawaban:
Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Mu'adzah radhiyallahu 'anha;

سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِي الصَّوْمَ وَلَا تَقْضِي الصَّلَاةَ فَقَالَتْ أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ قُلْتُ لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ وَلَكِنِّي أَسْأَلُ قَالَتْ كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلَا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ

"Saya bertanya kepada Aisyah seraya berkata, 'Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha' puasa dan tidak mengqadha' shalat? ' Maka Aisyah menjawab, 'Apakah kamu dari golongan Haruriyah? ' Aku menjawab, 'Aku bukan Haruriyah, akan tetapi aku hanya bertanya.' Dia menjawab, 'Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha' puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha' shalat'." (Shahih Muslim, no.335)

Berdasarkan hadits ini ditetapkan hukum bahwa wanita yang sedang haid diwajibkan mengqodho' puasa fardhu, namun tidak diwajibkan mengqodho' sholat fardhu. Ketentuan hukum ini telah disepakati oleh semua ulama' (ijma') segamaimana yang dijelaskan oleh Imam Nawawi, Imam Ibnul Mundzir, Imam Zuhri dan ulama'-ulama' lainnya.

Sedangkan mengenai hikmahnya, imam Nawawi menjelaskan bahwa sholat fardhu merupakan kewajiban yang banyak dan berulang kali, sehingga apabila wajib diqodho' akan menyulitkan, berbeda dengan puasa fardhu yang hanya diwajibkan sekali setahun apalagi haid terkadang hanya berlangsung satu atau dua hari. Wallahu a'lam.

(Dijawab oleh: Moh ReUs Tnow, Imam Al-Bukhori dan Kudung Khantil Harsandi Muhammad)

Referensi:
1. I'anatut Tholibin, juz 1 hal. 85

ويجب قضاؤه) أي الصوم، لخبر عائشة رضي الله عنها كنا نؤمر بقضاء الصوم ولا نؤمر بقضاء الصلاةأي للمشقة في قضائها لانها تكثر، ولم يبن أمرها على التأخير ولو بعذر بخلاف الصوم

2. Nailul Author, juz 1 hal. 348

وعن معاذة قالت سألت عائشة فقلت : ما بال الحائض  تقضي الصوم ولا تقضي الصلاة ؟  قالت : كان يصيبنا ذلك مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فنؤمر بقضاء الصوم ولا نؤمر بقضاء الصلاة. رواه الجماعة
..................
نقل ابن المنذر والنووي وغيرهما إجماع المسلمين على أنه  لا يجب على الحائض قضاء الصلاة ويجب عليها قضاء الصيام . وحكى ابن عبد البر عن طائفة من الخوارج أنهم كانوا يوجبون على الحائض قضاء الصلاة وعن سمرة بن جندب أنه كان يأمر به فأنكرت عليه أم سلمة . قال الحافظ : لكن استقر ا الإجماع على عدم الوجوب كما قاله الزهري وغيره ،
ومستند ا الإجماع هذا الحديث الصحيح

3. Syarah Shahih Muslim Lin  Nawawi, juz 4 hal. 26

قولها (فنؤمر بقضاء الصوم ولا نؤمر بقضاء الصلاة) هذا الحكم متفق عليه أجمع المسلمون على أن الحائض والنفساء لاتجب عليهما الصلاة ولا الصوم في الحال وأجمعوا على أنه لايجب عليهما قضاء الصلاة وأجمعوا على أنه يجب عليهما قضاء الصوم قال العلماء والفرق بينهما أن الصلاة كثيرة متكررة فيشق قضاؤها بخلاف الصوم فإنه يجب في السنة مرة واحدة وربما كان الحيض يوما أو يومين

0 komentar:

Posting Komentar