Template information

Home » , , » Hukum menunda-nunda pembayaran hutang

Hukum menunda-nunda pembayaran hutang


Pertanyaan:
Assalamualaikum.
Saya pernah dengar di pengajian umum jika hutang sudah jatuh tempo maka selangkah-langkanya yang punya utang menjadi dosa. Ini referensi dari kitab apa? Terima kasih.

(Dari Neng Ajah).


Jawaban:
Wa alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh.
Kami belum menemukan dari kitab apa pernyataan itu diambil, andaikan saja pernyataan itu memang ada, maka hal tersebut tidak berlaku bagi semua orang yang menunda pembayaran hutang, sebab menunda-nunda pembayaran hutang itu tidak pasti dihukumi haram. Para ulama' merinci hukum menunda pembayaran hutang sebagai berikut:

1. Hukum menunda pembayaran hutang adalah haram, jika orang yang berhutang tersebut telah mampu membayar hutang dan tidak memiliki udzur yang dibenarkan oleh agama setelah orang yang memberikan hutang memintanya atau setelah jatuh tempo. Dalilnya adalah sabda rasulullah shallahu 'alaihi wasallam:

مَطْلُ الْغَنِيِّ ظُلْمٌ

"Mengulur-ulur waktu pembayaran hutang bagi yang mampu adalah kezhaliman." (Shahih Bukhari, no.2287 dan Shahih Muslim, no.1564)

Menunda-nunda pembayaran hutang dalam keadaan seperti ini hukumnya haram dan termasuk dosa besar sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab "Az-Zawajir".

2. Hukum menunda pembayaran hutang tidak haram apabila orang yang berhutang memang benar-benar belum mampu membayarnya atau ia telah mampu membayarnya namun masih berhalangan untuk membayarnya semisal uang yang ia miliki belum berada ditangannya atau alasan-alasan lain yang dibenarkan agama.

Imam Syafi'i menjelaskan; Allah tabaroka wata'ala telah berfirman:

وَإِنْ كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَى مَيْسَرَةٍ

"Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, Maka berilah tangguh sampai Dia berkelapangan." (QS. Al-Baqoroh : 280)

dan Rasulullah telah bersabda: "Mengulur-ulur waktu pembayaran hutang bagi yang mampu adalah kezhaliman." jadi dapat dipahami bahwa penundaan pembayaran hutang dianggap sebagai sebuah kedzaliman apabila orang yang berhutang telah mampu membayar".

Wallahu a'lam.

(Dijawab oleh:  Al Murtadho, Ubaid Bin Aziz Hasanan dan Siroj Munir).

Referensi:
1. Syarah Muslim Lin-Nawawi, jilid 10 hal.227

حدثنا يحيى بن يحيى، قال: قرأت على مالك، عن أبي الزناد، عن الأعرج، عن أبي هريرة، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: مطل الغني ظلم، وإذا أتبع أحدكم على مليء فليتبع
....................
قوله صلى الله عليه وسلم (مطل الغني ظلم) قال القاضي وغيره المطل منع قضاء ما استحق أداؤه فمطل الغني ظلم وحرام ومطل غير الغني ليس بظلم ولا حرام لمفهوم الحديث ولأنه معذور ولو كان غنيا ولكنه ليس متمكنا من الأداء لغيبة المال أو لغير ذلك جاز له التأخير إلى الإمكان وهذا مخصوص من مطل الغني أو يقال المراد بالغني المتمكن من الأداء فلا يدخل هذا فيه

2. Az-Zawajir An Iqtirofil Kaba'ir, jilid 1 hal. 414

الكبيرة السابعة بعد المائتين مطل الغني بعد مطالبته من غير عذر
أخرج الشيخان والأربعة عن أبي هريرة - رضي الله عنه - أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: مطل الغني ظلم وإذا أتبع أحدكم علي مليء فليتبع

2. Al-Umm, jilid 3 hal.206

قال الله - تبارك وتعالى - {وإن كان ذو عسرة فنظرة إلى ميسرة} ، وقال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - «مطل الغني ظلم» فلم يجعل على ذي دين سبيلا في العسرة حتى تكون الميسرة، ولم يجعل رسول الله - صلى الله عليه وسلم - مطله ظلما إلا بالغنى
 .........................................

0 komentar:

Posting Komentar