Template information

Home » » Hukum Mengirimkan Hasil Pembayaran Fidyah Ke Daerah Lain

Hukum Mengirimkan Hasil Pembayaran Fidyah Ke Daerah Lain


Pertanyaan:
Assalamualaikum
Si A tinggal di kota cianjur membayar fidyah kepada orang miskin yang tinggal di kota banjar, bagaimana hukum fidyahnya si A, apakah sah atau tidak ?

(Dari: ardabili)

Jawaban:
Waalaikum salam warohmatulloh wabarokatuh
Menurut pendapat yang ashoh dalam madzhab syafi'i hasil dari pembayaran fidyah, kafarat dan nadzar boleh dikirimkan ke daerah  lain, sebab larangan memindah pembayaran ke daerah lain itu hanya berlaku secara khusus dalam masalah pembayaran zakat.

Alasannya adalah dikarenakan keinginan untuk mendapatkan harta hasil pembayaran fidyah,kafarat dan nadzar tidak sebesar keinginan orang-orang fakir miskin untuk mendapatkan zakat, karena itulah hukumnya dibedakan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa si A yang tinggal di kota cianjur boleh membayar fidyah kepada orang miskin yang tinggal di kota banjar, dan  pembayaran fidyahnya dihukumi sah. wallahu a’lam.

(Dijawab oleh: Ubaid Bin Aziz Hasanan)

Referensi:
1. Hasiyah Asy-Syarwani Ala Tuhfatul Muhtajو juz 3 hal. 198

ومصرف الفدية الفقراء والمساكين) دون بقية الأصناف لقوله تعالى {طعام مسكين} وهو شامل للفقير أو الفقير أسوأ حالا منه فيكون أولى (وله صرف أمداد إلى شخص واحد
......................
قول المتن (وله صرف أمداد إلخ) أي: من الفدية وله نقلها أيضا؛ لأن حرمة النقل خاصة بالزكاة بخلاف الكفارات

2. Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab, juz 6 hal. 222

فرع: قال أصحابنا في نقل الكفارات والنذور عن البلد الذي وجبت فيه ونقل وصية من أوصى للفقراء وغيرهم ولم يذكر بلدا طريقان (أحدهما) وبه قطع جماعة من العراقيين لها حكم الزكاة فيجري فيها الخلاف كالزكاة (وأصحهما) عند الخراسانيين وتابعهم الرافعي عليه القطع بالجواز لان الاطماع لا تمتد إليها امتدادها إلى الزكوات وهذا هو الصحيح

0 komentar:

Posting Komentar