Template information

Home » » Deskripsi Situs Fikih Kontemporer

Deskripsi Situs Fikih Kontemporer


Situs fikih kontemporer adalah merupakan website resmi yang memuat hasil-hasil diskusi dan kajian dari grup fiqh kontemporer di facebook. Grup FK dibuat oleh beberapa alumni pondok pesantren dengan tujuan agar dijadikan tempat diskusi permasalahan-permasalahan fiqih, dengan tetap berdasarkan sumber-sumber  yang dapat dibuat pegangan.

Bisa dikatan grup FK merupakan majlis "Bahtsul Masa'il Dunia Maya", sebab tujuan awal dibuatnya adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar hukum islam dengan referensi yang jelas dan tetap berpegang pada metode bermadzhab.

 Dalam menjawab pertanyaan, sebisa mungkin kami carikan sumbernya dari al-quran hadits disertai penjelasan para ulama', bukan hanya dari kitab-kitab ulama' terdahulu namun juga kitab-kitab ulama' fiqih kontemporer.

FILOSOFI DAN MAKNA LOGO "FIQH KONTEMPORER"

Dalam lambang ini setidaknya ada 5 hal yang sangat mendasar.

1. Latar bulat yang melingkar

2. Bola Bumi

3. Alat menulis yang terdiri dari :

a.Tinta dengan warna kuning emas

b.pena [ bulu]

4. Kitab yang terbuka

5. Tulisan "Fiqh Kontemporer"

1. LATAR BULAT MELINGKAR.

Lingkaran Bentuk Bulat bermakna Ilmu yang dikembangkan oleh para santri dari berbagai pesantren ini tidak bertepi artinya semua disiplin Ilmu, agama dan umum.

2. BOLA BUMI.

a.) Birunya lautan, adalah simbol dari Ilmunya Tuhan yang tanpa batas, dan supaya kita sadar bahwa : Diatas orang pandai, masih ada yang lebih pandai darinya.

b.) Bumi adalah tempat kita mengabdikan semua ilmu yang kita miliki, dan tidak berhenti hanya pada pengetahuan semata, tanpa menghiraukan daerah sekitar dengan "Nasyrul Ilimi".

c.) Bola Bumi pun Menunjukkan bahwa ilmu yang diperoleh para santri dari berbagai tempat menuntut ilmu adalah untuk disebarluaskan serta dikenalkan keseluruh penjuru dunia dan untuk memberikan cahaya dan petunjuk bagi umat supaya dapat memahami literatur ilmu/hukum agama islam.

d.) Serta Menjadi peringatan bagi kita semua, supaya kita ramah lingkungan, dan berusaha tidak merusaknya, dan janganlah dikotori dengan perbuatan jahat kita, yang menjadi sebab turunnya murka Tuhan semesta alam.

3. ALAT MENULIS

a.) Dengan menggunakan bulu ayam, menjadi tanda dari generasi yang peka sejarah, serta tidak melupakannya.

b.) Dan juga pena bulu memiliki syarat makna serta inovasi dalam mengembangkan Ilmu amaliyah dan kreatifitas dalam mengaplikasikan amal Ilmiah.

✽Adapun sejarah yang baik, maka mereka berusaha mempertahankannya, sedangkan yang buruk, menjadi dorongan untuk supaya tidak terjerumus lagi dalam sejarah kegagalan.✽

4. KITAB YANG TERBUKA.

a.) Kitab terbuka, adalah simbol cakrawala dari seseorang yang tidak hanya menggunkan akal dan logikanya dalam menyikapi persoalan hidup, namun setiap problem kehidupan ia tanggapi dengan Kitab, Baik Al-Qura'n, Hadits Rasul, atau Aqwal Ulama.

b.) Kitab yang terbuka juga berarti faham keagamaan yang telah dipelajari dan dikembangkan berdasarkan nilai-nilai keagamaan yang sesuai dengan faham Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

c.) Pun, kitab yang terbuka ini juga pertanda, seseorang yang haus ilmu, karena sepintar apapun keilmuan seseorang masih harus tetap membuka kitab, baik untuk Muroja'ah, atau untuk mencari pengetahuan yang baru.

5. TULISAN "FIQH KONTEMPORER"

Adalah sebuah nama identitas community atau group yang tergabung dalam jejaring sosial.

0 komentar:

Posting Komentar