Template information

Home » , , » Download software "Mishkal", pemberi harakat cepat pada kalimat bahasa arab

Download software "Mishkal", pemberi harakat cepat pada kalimat bahasa arab



Mishkal, merupakan satu software yang berfungsi menambahkan harakat pada kalimat bahasa arab yang masih belum ada harakatnya seperti yang ada dalam kitab-kitab berbahasa arab, kita cukup tulis atau copas tulisan arab yang tak berharakat tadi kedalam software ini, kemudian software ini akan menambahkan harakat pada tulisan tadi.

Software ini juga bisa meringatkan tugas kita apabila semisal sedang menulis tulisan berbahasa arab, namun kita masih merasa kesulitan memberi harakat, atau akan menyita waktu kalau harus memberi harakat satu persatu.

Untuk mendownload software ini silahkan klik disini

Karena software ini portable jadi tidak perlu diinstal, cukup diextract file hasil download, kemudian klik pada file bertuliskan "mishkal-gui.exe".


Cara penggunaan :

1. Tulis atau paste tulisan arab yang hendak diberi harakat pada halaman lebar yang terdapat dibawah tulisan "التشكيل".

2. klik tombol "تشكيل" untuk memberi harakat, lalu tunggu beberapa saat samapai proses pemberian harakat selesai.

3. Jika kita ingin menghapus harakat yang telah ada klik "حذف التشكيل".

4. Kalau kita rasa harakat yang ada salah, kita bisa membetulkannya sendiri, enaknya lagi pada tab bagian atas telah disediakan macam-macam harakat yang memang disediakan untuk pembenahan harakat.

5. Pembenahan harakat yang masih salah juga bisa dilakukan dengan cara memblok kata yang salah harakatnya tersebut, kemudian klik kiri, maka akan muncul pilihan "اقتراحات التشكيل", disitu akan muncul beberapa pemilihan harakat yang benar pada lafadz tersebut.

Kami beri concoh semisal kita akan memberi harakat kalimat سورة الفاتحة مكية setelah kita beri harakat dengan software ini menjadi سُورَةُ الْفَاتِحَةِ مَكِّيَّةُ pada kalimat ini terdapat kesalahan pemberian harakat, yaitu pada kata مَكِّيَّةُ karena yang benar huruf ta' marbuthoh pada akhir kata diberi harakat dhommatain (مَكِّيَّةٌ) untuk membetulkannya blok kata مَكِّيَّةُ, lalu klik kiri, pilih اقتراحات التشكيل, kemudian pilih salah satu pilihan kata dengan berbagai variasi harakat, kemudian klik, maka kata yang salah tadi akan berubah dengan sendirinya.

Terakhir, sebenarnya software ini adalah versi offline dari situs "Misykalun Nushus Al-Arobiyah" dan merupakan rintisan, tentu saja masih ada beberapa kesalahan dalam pemberian harakat, semoga Allah memberikan pahala pada pembuatnya dan dapat memberi manfaat bagi kita.. Amiin..

 .............................

Posting Terkait:

Software Tafsir, MAKTABAH AT-TAFASIR

Software Hadits, JAWAMI'UL KALIM VERSI 4.5

Software Hadits, AL-JAMI' LIL-HADITS AN-NABAWI

Software Fikih 4 Madzhab, AL-MAUSU'AH AL-FIQHIYAH AL-KUWAITIYAH

Software Qo'idah Fiqih & Ushul Fiqih 4 Madzhab, MA'LAMAH ZAYED LIL-QOWA'ID AL-FIQHIYAH WAL USHULIYAH

Software Shorof, AL-QOMUS AL-'AROBI

Software Pembaca Tulisan Arab, ACAPELA MULTIMEDIA ARABIC ENGLISH 6

0 komentar:

Posting Komentar