Template information

Home » , , » Hukum Menjual Barang Lama Dengan Mengikuti Harga Pasaran

Hukum Menjual Barang Lama Dengan Mengikuti Harga Pasaran

Soal: Jika kita membeli (kulak an) dengan harga sekarang kemudian barang tersebut masih ada sisa kemudian harganya naik..apa hukumnya bila kita menaikan harga barang yang masih ada dengan harga yang baru?

(Pertanyaan dari: Candra Selvano)

Jawab: Sebagaimana sudah dimaklumi, tujuan orang berbisnis adalah untuk mencari keuntungan, dan hal ini tidaklah dilarang dalam agama selama cara yang digunakan tidak melanggar aturan syari'at. Allah berfirman:

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

"Dan Allah telah menghalalkan segala bentuk jual beli dan mengharamkan riba," (QS. Al-Baqoroh : 275).

Imam Suyuthi menjelaskan bahwa ayat diatas merupakan dalil bahwa segala bentuk transaksi jual beli pada dasarnya adalah halal (diperbolehkan) selama tidak ada dalil yang melarangnya.

Selain itu mencari keuntungan dengan cara diatas tidak termasuk dalam kategori penimbunan (ihtikar) yang diharamkan, sebab penimbunan yang dilarang adalah pembelian kebutuhan pokok, kemudian ditimbun dalam jangka waktu yang lama, dan nantinya barang tersebut akan dijual dipasaran saat harganya sudah melambung tinggi karena kelangkaan barang.

Meskipun seorang penjual boleh menjual barang dagangannya dengan harga sesuka hatinya, namun dianjurkan untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengambil keuntungan. Dalam satu hadits diriwayatkan:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا سَمْحًا إِذَا بَاعَ وَإِذَا اشْتَرَى وَإِذَا اقْتَضَى

"Dari Jabir bin 'Abdullah radliallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah merahmati orang yang memudahkan ketika menjual dan ketika membeli dan juga orang yang meminta haknya". (Shaih Bukhari, no.2076)

Syekh Al-Munawi menjelaskan, hadits ini merupakan pendorong agar setiap orang bermurah hati, memberi kemudahan dan tidak mempersulit orang lain saat berbisnis dan tetap berlaku dengan akhlak mulia, orang-orang seperti itulah yang akan mendapat rahmat dari Allah.

Wallahu a'lam.

(Dijawab oleh: Siroj Munir, Kudung Khantil Harsandi Muhamma, Ifa SQ dan M Farhan Zamzamy)

Referensi:
1. Al-Iklil Fi Istinbatit Tanzil, hal. 63

وقوله تعالى: (وأحل الله البيع وحرم الربا ) أصل في إباحة البيع بأنواعه إلا ما دل دليل على تحريمه وتحريم الربا بأنواعه إلا ما خصه دليل

2. Syarah An-Nawawi Ala Muslim, juz 11  hal. 43

قال أصحابنا الاحتكار المحرم هو الاحتكار في الأقوات خاصة وهو أن يشتري الطعام في وقت الغلاء للتجارة ولا يبيعه في الحال بل يدخره ليغلوا ثمنه فأما إذا جاء من قريته أو اشتراه في وقت الرخص وادخره أو ابتاعه في وقت الغلاء لحاجته إلى أكله أو ابتاعه ليبيعه في وقته فليس باحتكار ولا تحريم فيه

3. Faidhul Qodir, juz 4 hal. 26

رحم الله عبدا) دعاء أو خبر وقرينة الاستقبال المستفاد من إذا تجعله دعاء (سمحا) بفتح فسكون جوادا أو مساهلا غير مضايق في الأمور وهذا صفة مشبهة تدل على الثبوت ولذا كرر أحوال البيع والشراء والتقاضي حيث قال (إذا باع سمحا إذا اشترى سمحا إذا قضى) أي وفى ما عليه بسهولة (سمحا إذا اقتضى) أي طلب قضاء حقه [ص:27] وهذا مسوق للحث على المسامحة في المعاملة وترك المشاححة والتضييق في الطلب والتخلق بمكارم الأخلاق وقال القاضي: رتب الدعاء على ذلك ليدل على أن السهولة والتسامح سبب لاستحقاق الدعاء ويكون أهلا للرحمة والاقتضاء والتقاضي وهو طلب قضاء الحق. وقال ابن العربي: فإن كان سيء القضاء حسن الطلب فمطله بما عليه يحسب له في مقابله صبره بماله على غيره

0 komentar:

Posting Komentar