Template information

Home » , , , » Hukum Bank ASI - Keputusan Majma’ Al-Fiqh Al-Islami

Hukum Bank ASI - Keputusan Majma’ Al-Fiqh Al-Islami



Dengan menyebut Nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada junjunagn kita Nabi Muhammad penutup semua Nabi dan juga bagi keluarga dan para sahabatnya semua.

Keputusan Nomer: 6 (2/6)
Tentang

Bank ASI

Majma’ Fiqh Islam Internasional di bawah koordinasi Organisasi Konferensi Islam (OKI)  dalam Mukatamar Islam yang diadakan di Jeddah pada tanggal 10 - 16 Robi’ul Awwal 1406 H. bertepatan tanggal 22 – 28 Desember 1985M. 

Setelah dipaparkan kajian fikih dan kajian medis kepada Majma’ mengenai Bank ASI, dan setelah mempelajari pemaparan dari masing-masing 2 kajian tersebut, dan setelah diadakan diskusi intensif mengenai 2 kajian tersebut dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang. Nampak beberapa hal berikut :

Pertama : Bank ASI telah diuji cobakan di masyarakat barat, setelah diadakan uji coba  muncul beberapa hal negatif, dari sisi teknis dan ilmiah dalam uji coba ini, sehingga menjadikannya mengalami penyusutan dan kurang mendapatkan perhatian.

Kedua : Islam menjadikan hubungan persusuan sebagaimana hubungan nasab. Orang bisa menjadi mahram dengan persusuan sebagaimana status mahram karena hubungan nasab, dengan sepakat ulama. Dan diantara tujuan utama syariah adalah menjaga nasab. Sementara Bank ASI menyebabkan tercampurnya nasab atau menimbulkan banyak keraguan nasab.

Ketiga : Interaksi sosial di masyarakat islam masih memungkinkan bagi bayi yang kekurangan ASI untuk menyusukannya kepada wanita lain secara alami. Keadaan ini menunjukkan tidak diperlukannya Bank ASI.

Memutuskan sebagai berikut:
1. Terlarangnya mengadakan Bank ASI untuk para wanita di tengah masyarakat islam.
2. Haramnya menyusukan anak di Bank ASI.

Wallohu a’lam.


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد خاتم النبيين وعلى آله وصحبه أجمعين

قرار رقم: 6 (6/2
بشأن
بنوك الحليب

إن مجلس مجمع الفقه الإسلامي الدولي المنبثق عن منظمة المؤتمر الإسلامي في دورة انعقاد مؤتمر الثاني بجدة من 10 – 16 ربيع الآخر 1406هـ الموافق  22 – 28 كانون الأول ( ديسمبر ) 1985م

بعد أن عرض على المجمع دراسة فقهية، ودراسة طبية حول بنوك الحليب
وبعد التأمل فيما جاء في الدراستين ومناقشة كل منهما مناقشة مستفيضة شملت مختلف جوانب الموضوع وتبين منها

أولاً:      أن بنوك الحليب تجربة قامت بها الأمم الغربية، ثم ظهرت مع التجربة بعض السلبيات الفنية والعلمية فيها فانكمشت وقل الاهتمام بها

ثانياً:      أن الإسلام يعتبر الرضاع لحمة كلحمة النسب يحرم به ما يحرم من النسب بإجماع المسلمين. ومن مقاصد الشريعة الكلية المحافظة على النسب، وبنوك الحليب مؤدية إلى الاختلاط أو الريبة

ثالثاً:      أن العلاقات الاجتماعية في العالم الإسلامي توفر للمولود الخداج أو ناقص الوزن أو المحتاج إلى اللبن البشري في الحالات الخاصة ما يحتاج إليه من الاسترضاع الطبيعي، الأمر الذي يغني عن بنوك الحليب.

قرر ما يلي
أولاً: منع إنشاء بنوك حليب الأمهات في العالم الإسلامي
ثانياً: حرمة الرضاع منها

والله أعلم ؛؛


Sumber : Situs Resmi Majma’ Fiqh Islami Internasional
http://www.fiqhacademy.org.sa/qrarat/2-6.htm

0 komentar:

Posting Komentar